Rabu, 05 Oktober 2016

Tak Sadar Mendidik Anak Bohong

Khusus bagi yang sudah berkeluarga dan punya anak. Kadang kala tak sengaja kita mendidik anak bohong. Bahkan sejak dari anak balita. Wew? Masak sih Mas, apa iya, saya gak pernah ngajari anak bohong kok.

Contoh kasus : ketika menyapih nenen, orang tua kadang memberikan obat merah, kunyit atau pahit lalu berkata pada anak "gak enak dek pahit, eh ada merahnya hiiii? " ini sudah mendidik bohong.

Hukuman yang tidak riil yang tak bisa dijalankan. " Kalau nakal , Bapak lemparkan ke laut" . Jelas ketika anak nakal, tidak akan mungkin Bapaknya lempar ke laut. Bohong lagi kan? Dikira anak tak menangkap?

Hukuman yang tidak dijalankan meskipun riil. Contoh, "kalau gak belajar besok gak dibeliin es krim " besoknya anak gak belajar, lalu gak dibeliin es krim, lalu anak nangis, terus akhirnya dibeliin juga. Inkonsisten orang tua sama saja mendidik anak bohong.

Belum contoh kecil. Anak minta Jajan, terus orang tua bilang, "gak enak itu dek" tapi orang tuanya suatu ketika makan. Hahahahhahaha

Jangan salahkan anak kalau besok dia pandai bohong. Salah siapa? Salah katak, bukanlah , salah orang tuanya gak sadar mendidik anak bohong.

Yuk perbarui cara kita mendidik anak.

Tak Sadar Mendidik Anak Bohong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mas aga murida

0 komentar:

Posting Komentar